Gerhana Matahari Total di Indonesia 2016

Gerhana matahari total (Total Solar Eclipse) atau GMT, sebutan pada umumnya di Indonesia, adalah suatu fenomena alam yang ternyata hanya terjadi 375 tahun sekali, sungguh suatu peristiwa alam yang jarang sekali terjadi.

Jika anda sempat melihatnya pada hari ini, belum tentu anda akan melihatnya lagi, kecuali anda berumur sangat panjang, sampai lebih dari 375 tahun 🙂

Gerhana matahari total ini terjadi ketika posisi bulan persis berada di garis lurus antara bumi dan matahari, seperti di bawah ini:

total-solar-eclipse

Sayangnya, fenomena ini tidaklah dapat dilihat dari semua titik. Hanya titik tertentulah dimana anda dapat melihat dengan jelas gerhana matahari total ini.

Untuk anda yang berada di Indonesia, fenomena ini dapat terlihat jelas
dari beberapa kota, diantaranya adalah Palembang, Ternate, Belitung, Palu, dan Poso.

20160309_071757

20160309_071956

Akhirnya ini lah penampakan gerhana matahari total yang diliput dari pantai Tanjung Kelayang di Belitung.

20160309_072326

Jika anda mau melihatnya secara LIVE (sekarang), anda dapat mengunjungi website resmi BMKG untuk Live Streaming

Jika anda berkesempatan untuk menyaksikan hal ini secara langsung, consider yourself lucky, because not everyone can witness this once-in-375-years phenomena.

Author: Steven Sentosa

Steven Sentosa is a passionate blogger who likes to share his life and help others through his blog, MyInternetCorner.com. He offers social media services and Internet marketing consultation per client's request. You can reach him via Twitter @StevenSentosa.